Tambah Daya Ingat dengan Second Brain

Masalah yang kita hadapi bersama dalam keseharian, mingguan, bulanan, bahkan tahunan salah satunya adalah kemampuan dalam mengingat, daya ingat yang terbatas tentunya akan membuat kita panik saat harus mengingat hal yang sudah kita lakukan sebelumnya.

Mulai membuat Second Brain akan membantu kita mengingat apa yang sudah kita lakukan.

Apa itu Second Brain?

Second Brain atau Otak Kedua dalam bahasa Indonesia adalah metode untuk memindahkan beberapa fungsi untuk mengingat, sehingga kita tidak perlu lagi mengingat lebih banyak dan menyimpan banyak yang harus di ingat di otak kedua (Second Brain).

Second Brain bisa berupa catatan baik dibuat dengan cara menulis pada kertas atau menggunakan aplikasi (digital) khusus untuk mencatat atau menyimpan yang perlu kita ingat dalam bentuk digital. 

Dalam penulisan ini second brain adalah bagaimana mencatat menggunakan aplikasi (digital) yang kemudian disebut sebagai Obsidian.

Banyak aplikasi untuk membuat otak kedua atau second brain, namun pada penlisan ini hanya akan fokus bagaimana otak kedua dibuat menggunakan aplikasi (digital) obsidian.

Dasar membuat Second Brain

Sebelum lanjut kepada aplikasi obsidian, kita perlu ketahui dasar membuat Second Brain yaitu C.O.D.E atau Capture, Organize, Distill, Express.

Capture

Proses Capture adalah menangkap informasi, ilmu, ide baru dengan mencatat, dengan melakukan Capture maka kita mencatat atau menyimpan informasi lebih lama daripada disimpan dalam ingatan kita.

  1. Simpan dalam satu tempat (One Location)
  2. Terlibat secara aktif dengan materi, soroti poin-poin penting dan rangkum kata-kata Anda (Actively engage).
  3. Tangkap segala sesuatu yang sesuai dengan Anda. (Capture everything)
  4. Write everything down. Tuliskan semuanya, ide, resep gunakan gambar jika perlu dan simpan dalam catatan.
Organize

Proses mengatur catatan dilakukan dengan cara mengelompokan setiap informasi kedalam kategori-kategori, atau biasa dituliskan dengan istilah tag atau tags dengan diberi simbol pada awal tag yaitu tanda pagar "#". Mengatur atau mengorganisasi catatan merupakan hal yang sangat penting karena akan sangat memudahkan nantinya saat membutuhkan informasi yang sudah dicatat sebelumnya. Cara untuk mengorganisasi otak kedua (second brain) salah satunya dengan cara yang direkomendasikan oleh Forte yaitu menggunakan metode PARA (Projects, Areas, Resources, Archives)

Distill

Tetap sederhana, buatlah informasi yang sederhana dan terhubung dengan cara membuat rangkuman atau hanya menentukan kunci atau poin penting, sehingga akan memudahkan kita dalam menemukan informasi saat dibutuhkan.

Express

Proses memproduksi ulang informasi. Memproduksi ulang berati mengolah informasi menjadi produk lain dan membagikan nya untuk diketahui orang lain bisa berupa bentuk artikel, jurnal, blog, audio-visual seperti vlog dan podcast atau mungkin dalam bentuk proposal atau ide bisnis.

Mulai membuat Otak Kedua (Second Brain)

Untuk memulai otak kedua atau secodn brain, mulai dengan menonton video dibawah ini:




Semoga bermanfaat.